Penyubur Rambut Tradisional

Penyubur Rambut Tradisional  – Sebenarnya banyak cara untuk menyuburkan rambut, dengan memanfaatkan bahan herbal alami yang ada disekitar kita, dengan menggunakan bahan tradisional yang dapat memberikan keuntungan yang baik bagi tubuh dan juga rambut.

Penyubur Rambut Tradisional 

berikut di bawah ini ada beberapa bahan alami yang dapat kita gunakan sebagai penyubur rambut tradisioanl, antara lain :

 1. Bayam

Bayam yang termasuk dalam jenis sayuran hijau ini juga dapat digunakan untuk menyuburkan rambut. Bayam yang merupakan sayuran yang diperkaya akan zat besi, protein, lemak, fosfor, vitamin A, B1, C dan kalium ini sangat efektif dalam menunjang pertumbuhan rambut serta menyuburkan rambut.

Cara mengaplikasikan bayam, adalah : Ambil setengah genggam bayam kemudian cuci bersih, lalu tumbuk hingga halus, tambahkan 1/2 cangkir air matang dan 1 sendok makan madu. Aduk rata, kemudian peras dan saring. Minum 3 kali sehari, sekali minum cukup dengan takaran 1/2 cangkir.

2. Kacang panjang

Kacang panjang termasuk dalam jenis sayuran hijau dengan segudang nilai gizi. Bagian dari tumbuhan kacang panjang yang sering dimanfaatkan adalah daun dan buah kacang panjang itu sendiri yang diolah menjadi jenis sayuran dan aneka masakan. Daun kacang panjang yang berbentuk segitiga dipercaya dapat mengatasi masalah rambut. Daun kacang panjang ini umumnya dijadikan sayur atau sebagai obat alami. Kandungan senyawa alami yang dimiliki daun dan buah kacang panjang terdiri dari zat-zat protein, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, mangan, niasin, vitamin B1, B2 dan vitamin C. Cara memanfaatkan kacang panjang adalah :

  • Siapkan 1 genggam daun kacang panjang kemudian cuci bersih dan haluskan.
  • Campurkan 2 sendok makan minyak kastor, aduk rata kemudian remas-remas bersama daun kacang panjang yang telah dihaluskan.
  • Oleskan secara merat di kulit kepala sambil dipijat ringan. Baik dilakukan usai mandi sore, setelah seluruh bagian kulit kepala dioleskan, bungkus rambut dengan handuk bersih semalaman. Esok harinya bilas rambut sampai bersih.

 3. Kelapa Hijau

Kelapa hijau buah yang dapat menyegarkan dahaga yang juga memiliki manfaat dan khasiat sebagai obat alami dalam mengatasi dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperi ambeien/wasir, batuk, penurun kolesterol, membantu menghasilkan ASI bagi ibu menyusui, perawatan wajah, rambut dsb. Hampir seluruh bagian dari buah kelapa hijau dapat dimanfaatkan menjadi bahan serbaguna, mulai daari akar yang dapat dibuat menjadi keset, batok kelapa yang dibuat menjadi arang, buah yang dapat diolah menjadi berbagai jenis pangan, santan, air yang menyegarkan. Buah kepala hijau yang mengandung glukosa, sakarosa, sukrosa, fruktosa, mineral dan asam amino. Cara memanfaatkan buah kelapa hijau untuk penyubur rambut tradisional  adalah :

  • Ambil 1 butir buah kelapa hijau kemudian beri lubang pada bagian atas, kemudian 1 sendok teh masukkan garam dapur.
  • Aduk bersama air kelapa tersebut, kemudian embunkan selama semalam. Keesokan harinya gunakan air kelapa yang telah diembunkan untuk membasuh kulit kepala sambil dipijat halus. Lalu bungkus dengan handuk bersih sampai pagi kemudian bilas hingga bersih. Ada baiknya dilakukan ketika usai mandi sore.

4. Tumbuhan klerak

Tumbuhan klerak atau lerak banyak tumbuh di hutan belantara, ciri tumbuhan klerak ini berbatang besar, dengan tinggi pohon mencapai 40 meter, memiliki buah yang berbentuk bulat pipih, kulit buah mengkerut, buah berwarna cokelat bila sudah masak. pada tumbuhan klerak ini daging buah mengandung zat saponin yang beracun dan bijii yang mengandunug minyak. Hanya lah biji klerak yang dapat dimanfaatkan dari tumbuhan klerak, caranya dengan :

  • Siapkan 12 biji klerak yang sudah matang, lalu rendam dalam air panas, sampai airnya menjadi dingin.
  • Kemudian gunakan air rendaman untuk membasahi kulit kepala sambil dipijat ringan dengan menggunakan ujung jari. Kemudian bungkus kepala dengan handuk besih hingga semalaman.

 5. Lidah buaya

Lidah buaya yang mengandung zat seperti barbaloin, isobarbaloin, beta barbaloin dan damar sangat efektif untuk mengatasi masalah rambut dan menjadi penyubur rambut tradisional . Dengan cara :

  • Ambil 1 buah lidah buaya kemudian cuci bersih dan belah menjadi 2 bagian
  • Sebelum mengoleskan isi daging lidah buaya, pastikan rambut sudah dikeramas sebelumnya. Dengan keadaan rambut kering, oleskan isi daging lidah buaya ke seluruh bagian kulit kepala secara merata. Kemudian bungkus kepala dan rambut dengan handuk bersih
  • Esok harinya bilas rambut sampai besih. Lakukan cara ini selama 3 bulan sampai hasil maksimal diperoleh.

 6. Daun Mangkokan

Daun mangkokan yang mengandung protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B1, dan C dapat dimanfaatkan untuk perawatan rambut dan penyubur rambut tradisional.

Dengan cara :

  • 1 genggam daun mangkokan kira-kira 10 lembar, cuci bersih, lalu haluskan dengan menambahkan 2 gelas air masak.
  • Kemudian saring hingga menghasilkan air perasan. Gunakan air perasan tersebut untuk menggosok di kulit kepala sambil dipijat lembut. Kemudian bungkus dengan handuk bersih hingga semalaman. Esok harinya bilas sampai bersih.

7. Nyamplung

cara pembuatan ramuan penyubur rambut tradisional dengan daun nyamplung

  • Ambil 1 genggam biji nyamplung yang sudah matang, kemudian pecahkan semua biji nyamplung, ambil isinya yang sudah dipisahkan dari kulit kerasnya.
  • Kemudian letakkan isi dari biji nyamplung dengan kain bersih, kemudian jemur di bawah sinar matahari hingga mengeluarkan minyak. Minyak tersebut kemudian digunakan dengan cara mengoleskan minyak biji nyamplung ke kulit kepala sampai merata, pijat dengan lembut. Kemudian bilas sampai bersih. Minyak dari biji nyamplung dapat digunakan sebagai penumbuh rambut dan penyubur rambut.

=====================================

>>> Obat Penumbuh Rambut Rudy Hadisuwarno Hair Growth Serum, Solusi Ampuh Untuk Mengatasi Kerontokan Dan Merangsang Pertumbuhan Rambut, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Penyubur Rambut and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *