Makanan Penyubur Rambut

Selain memilih jenis shmapo yang coock dan sesuai dengan jenis rambut yang dimiliki serta gaya hidup yang sehat merupakan cerminan utama dari cara memelihara dan menjaga kesehatan rambut. Beberapa ahli gizi dari Amerika Serikat mengatakan bahwa makanan memberi pengaruh yang cukup berperan besar dalam kesehatan rambut sehingga mempengaruhi tampilan rambut.

Menurut beberapa peneliti ahli gizi di Chicago, Dawn Jackson Blanter, mengatakan bahwa setiap bulan rambut manusia dapat tumbuh dengan panjang antara 1/2-1/4 inci yang dipengaruhi oleh makanan yang sehat sehingga membuat sel-sel diseluruh tubuh menjadi sehat termasuk rambut. Sama halnya yang dikatakan seorang ahli gizi dari California yakni Paradi Mirmiran, jika rambut yang dimiliki tipis dan jarang, makanan yang diperlukan adalah makanan yang dengan gizi seimbang yakni makanan yang dapat meningkatkan fungsi protein dan zat besi.

Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang dapat menyehatkan dan menyuburkan rambut, diantaranya :

1. Ikan Salmon

Seorang peneliti dan ahli gizi dari Los Angeles, Andrea Giancoli. Beliau terhimpun dalam sebuah studi gizi Amerika Serikat mengemukakan bahwa ikan salmon baik dikonsumsi untuk mendapatkan rambut yang indah. Ikan salmon yang diketahui memiliki kandungan asam lemak omega 3, kaya akan protein hewani yang termasuk dalam komponen asam lemak omega 3, vitamin B12 dan zat besi. Asam lemak omega 3 merupakan unsur senyawa yang sangat penting bagi kesehatan kulit kepala, apabila kekurangan omega 3 akan membuat kulit kepala kering dan kusam. Bagi seseorang yang mungkin vegetarian (tidak memakan daging) disarankan untuk menambahkan 1-2 sendok makan minyak dari biji rami yang juga diperkaya dengan kandungan asam lemak omega 3.

2. Sayuran yang berwarna hijau tua

Segala macam jenis sayuran pastinya memiliki banyak kandungan nilai gizi dan komponen lainnya. Sayuran yang berdaun hijau seperti bayam, brokoli, bit swiss (sejenis umbi sayur yang rasanya manis). semua jenis sayuran tersebut diperkaya dengan vitamin A dan vitamin C yang merupakan makanan penting untuk kulit kepala untuk membantu menghasilkan kelenjar kulit.

3. Jenis kacang-kacangan

Sebuah asosiasi yang bernama The American Association mengungkapkan bahwa dengan rutin mengkonsumsi 3 gelas minuman yang berasal dari jenis kacang-kacangan membantu kulit kepala dan rambut untuk mencukupi vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan bagi kesehatan dan kesuburan rambut. Tak hanya itu dapat pula digunakan sebagai perawatan rambut dan menunjang pertumbuhan rambut. Makanan jenis kacang-kacangan ini seperti kacang merah (kidney beans), kacang boro (lentils), kacang kedelai, kacang brazil dan jenis kacang lainnya yang mengandung zat besi, seng (Zn) dan vitamin H serta kacang brazil yang mengandung selenium sebagai penghasil mineral alami.

4. Jenis makanan yang kaya akan lemak tak jenuh

Tubuh juga memerlukan sebagai salah satu bahan bakar untuk energi tubuh. Namun apabila lemak yang terkandung di dalam tubuh dan darah melebihi kapasitas akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan juga rambut. Rambut sama halnya dengan tubuh yang membutuhkan lemak untuk mendorong pertumbuhan rambut. Lemak bagi rambut untuk membantu menghasilkan kelenjar minyak pada kulit kepala. Lemak yang baik dapat diperoleh dari jenis minyak biji rami, minyak primrose, minyak blackcurrant dan minyak borage. Selain itu dapat pula diperoleh dari lemak ikan seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan tongkol dan jenis ikan lainnya, namun konsumsi lemak tetap harus dijaga dan dikendalikan agar tidak berlebihan dengan cara menyeimbangkan komponen nutrisi dan gizi lainnya.

6. Sumber dari buah-buahan

Buah-buahan yang diketahui banyak mengandung vitamin, seperti vitamin A dan vitamin C yang merupakan jenis vitamin yang selalu menjadi andalan utama untuk memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh. Banyak jenis buah-buahan yang bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, menunjang kesuburan rambut, kelembapan, dan perawatan rambut, mudah diperoleh dari jenis buah, seperti alpukat, tomat, jeruk nipis dll.

7. Serta makanan yang berasal dari jenis padi-padian, susu rendah lemak dan jenis makanan lainnya.

Dengan disiplin terhadap asupan makanan yang bertujuan bukan untuk membatasi atau mengurangi asupan gizi dan komponen gizi lainnya yang berasal dari berbagai jenis makanan, akan tetapi mengatur diri untuk lebih memperhatikan asupan makanan bagi tubuh dan kesehatan lainnya termasuk rambut. Seseorang yang menjalani diet rendah kaloriĀ  tanpa mengetahui berapa besar asupan kalori yang dibutuhkan tubuh termasuk rambut hanya akan membuat rambut cepat mengalami kerusakan dan kerapuhan yang paling dekat adalah rambut rontok. Seseorang yang menjalani diet rendah kalori terkadang melupakan asupan asam lemak omega 3, seng (Zn), vitamin A dan komponen vitamin lainnya hingga mempengaruhi sistem metabolisme tubuh.

Di jaman yang modern dan serba praktis terkadang membuat seseorang cenderung lebih sering mengkonsumsi makanan cepat saji, makanan yang banyak mengandung pengawet, perasa buatan dan senyawa berbahaya lainnya, seperti senang mengkonsumsi makanan pedas, asin, berminyak dengan tinggi kandungan lemak. Makanan yang mengandung asam tannin dari kopi, teh, nikotin yang berasal dari rokok, asam laknat yang dihasilkan secara alami oleh tubuh karena melakukan suatu pekerjaan berlebihan sehingga mendorong tubuh terakumulasi dengan banyak kandungan zat-zat beracun yang bersifat asam, yang kemudian mengakibatkan pasokan darah menjadi tidak lancar di kantung rambut.


=====================================

>>> Obat Penumbuh Rambut Rudy Hadisuwarno Hair Growth Serum, Solusi Ampuh Untuk Mengatasi Kerontokan Dan Merangsang Pertumbuhan Rambut, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Makanan Penyubur Rambut and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>